JENIS BAHAN SERAGAM KERJA

Ketika akan membuat pakaian seragam ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan, diantaranya adalah bahan pakaian seragam yang akan digunakan, disain dari pakaian seragam yang tentunya akan sangat berkaitan terhadap fungsinya, dan yang tidak kalah penting adalah harga dari pakaian seragam karena ketika membuat pakaian seragam akan digunakan oleh ratusan hingga ribuan karyawan sehingga harga akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting. Dari beberapa pertimbangan diatas yang akan dibahas disini adalah tentang bahan pakaian seragam. Dibawah ini ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat seragam:

  1. Kain Katun

Seragam yang menggunakan jenis bahan ini harganya lebih mahal. Kelebihan dari seragam yang menggunakan bahan katun karena tekstur kainnya lebih halus dan lembut sehingga nyaman dipakai, kainnya lebih tipis sehingga cocok dipakai dilingkungan yang yang berhawa panas seperti di Indonesia. Dengan bahan katun pakaian seragam kelihatan lebih elegan.

Seragam berbahan katun biasanya diterapkan bila seragam yang akan dibuat berbentuk kaos oblong atau kaos kerah.

  1. Kain Drill

Kain drill memiliki ciri-ciri permukaan kainnya berserat garis-garis miring dan tebal. Berdasarkan besar kecilnya serat, kain drill dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Kain Twill Drill atau kain drill serat kecil.
  2. Kain American Drill atau kain drill serat sedang.
  3. Kain Japan Drill atau kain drill serat besar.

Selain ketiga kain drill diatas masih ada satu jenis lagi kain drill yang memiliki serat lebih besar yang biasa disebut dengan kain drill Raphael, nama ini diambil karena jenis ini sering dipakai untuk produk fashion merk Raphael.

Komposisi dari kain drill ini adalah campuran antara katun dan polyester. Semakin banyak kandungan katunnya maka harga kain drill semakin mahal. Jenis kain drill yang memiliki komposisi katunnya lebih banyak adalah jenis kain Japan Drill.

Kain drill sangat cocok untuk seragam lapangan (outdoor) karena desain dari kain drill yang kuat tebal dengan rajutan yang lebih kokoh sehingga memiliki tingkat keawetan lebih baik dan sesuai untuk pakaian safety bila digunakan untuk melakukan pekerjaan luar lapangan yang menuntut tingkat keaktifan lebih tinggi.

 

  1. Kain Tropical atau Oxford

Jenis kain ini tidak seperti jenis kain drill, karena tekstur kainnya rata. Kain tropical lebih tipis dibandingkan dengan kain drill. Sifat jalinan benang hasil pintalan dari kain tropical seperti titik-titik pixel pada resolusi gambar. Sama seperti kain drill, kain tropical juga memiliki komposisi bahan katun dan polyester. Semakin banyak kandungan katunnya maka harganya menjadi lebih mahal.

Berdasarkan uraian diatas anda bisa menentukan bahan apa yang cocok untuk seragam perusahaan disesuaikan dengan fungsi kerja dimasing-masing bagian.

Sumber: http://seragamandalas.com

This entry was posted in 02.JENIS BAHAN SERAGAM and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to JENIS BAHAN SERAGAM KERJA

  1. mursid says:

    Makasih artikelnya….lagi cari cari bahan untuk seragam di area proses produksi nih..

  2. kirain bahan baju itu itu aja, ternyata banyak. tks info nya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>