SERAGAM KERJA DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP BISNIS

Kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau perusahaan yang kita bangun merupakan hal yang penting dan utama yang harus diperoleh. Karena pada hakikatnya bisnis kita tidak akan berkembang tanpa adanya pelanggan yang semakin berkembang. Apabila para pelanggan telah menaruh kepercayaan terhadap bisnis kita maka akan menjadi nilai lebih. Pelanggan yang telah memiliki kepercayaan terhadap bisnis kita maka dengan mudah akan menularkan pengalamannya telah menggunakan jasa atau produk perusahaan kita kepada rekan-rekannya. Sehingga akan terbangun sebuah promosi yang akurat dan akan menghasilkan jangkauan relasi yang semakin luas. Oleh karena itu membangun kepercayaan pelanggan harus benar benar diperhatikan dengan serius dan tepat.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau perusahaan kita yaitu melalui seragam kerja. Dengan adanya seragam kerja yang digunakan oleh para karyawan maka akan terlihat bahwa perusahaan secara serius dan professional dalam membangun bisnis. Pelanggan akan melihat dan beranggapan bahwa perusahaan memperhatikan karyawan dengan baik melalui pemberian seragam kerja terhadap para karyawannya. Perusahaan yang tidak memberikan seragam atau tidak memberikan aturan tertentu yang berkaitan dengan penggunaan pakaian para karyawannya terlihat seolah tidak serius dalam mengelola dan membangun bisnis atau perusahaannya tersebut.

Pemilihan desain harus diperhatikan dengan seksama, desain seragam harus dibuat dengan bahan yang memberi kenyamanan penggunanya dan memperhatikan keselamatan. Sehingga pelanggan yang melihat akan memiliki persepsi yang baik terhadap bisnis atau perusahaan tersebut. Hal tersebut dikarenakan para karyawannya terlihat diperhatikan dengan baik dari segi keselamatan dan kenyamannya. Perusahaan yang tidak mengenakan pakaian seragam terlihat acuh dan tidak mempedulikan apakah pakaian yang digunakan para karyawan telah memenuhi syarat kemanan dan keselamatan kerja atau belum. Sehingga kemungkinan buruk para pelanggan akan kehilangan kepercayaan untuk bekerjsama dengan bisnis kita karena merasa takut apabila kerjasama tersebut tidak digarap dan di perhatikan dengan baik.

Pemilihan warna seragam dalam mendesain seragam kerja juga harus diperhatikan. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu penentu munculnya kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita. Apabila pemilihan desain dalam pembuatan seragam terlihat bagus maka akan menciptakan sebuah kepercayaan yang diberikan para pelanggan terhadap bisnis kita. Sebagai contoh karyawan yang bekerja di lapangan atau ditempat-tempat yang rawan terkena kotoran, namun pemilihan seragam menggunakan warna yang cerah dan mudah terlihat kotor . hal tersebut memiliki maksud supaya para karyawan senantiasa menjaga kebersihan meskipun area kerjanya berada di lapangan atau di tempat-tempat yang rawan kotor. Sehingga para pelanggan tidak takut dan meragukan kebersihan karena hal tersebut dapat terpancar dari kemampuan para karyawannya yang senantiasa menjaga kebersihan.

Published by