TEKNIK MARKETING MELALUI BAJU SERAGAM PROMOSI

Kegiatan marketing dalam sebuah perusahaan memiliki pengaruh yang penting. Apabila marketing berjalan dengan baik maka omzet yang diperoleh perusahaan juga makan meningkat dengan baik, sehingga marketing harus dilakukan dengan semenarik mungkin. Promosi merupakan salah satu bagian dari marketing, promosi memiliki arti kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasive. Dengan kata lain promosi merupakan sebuah aktivitas komunikasi yang dilakukan seseorang atau sebuah perusahaan kepada masyarakat luas untuk memperkenalkan barang, jasa, merk serta nama perusahaan untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat supaya membeli atau menggunakan produk tersebut (barang, jasa, merk).

Cara-cara yang dapat digunakan sebuah perusahaan untuk melakukan promosi sangat beragam. Promosi dapat dilakukan secara fisik, mulut ke mulut, melalui media massa atau media cetak, dan salah satunya bisa menggunakan baju seragam promosi. Seragam merupakan seperangkat pakaian yang biasanya digunakan oleh para karyawan suatu perusahaan dan bisa dilengkapi dengan atributnya yang dikenakan oleh karyawan perusahaan saat melakukan kegiatan yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Dalam sebuah seragam biasanya akan tertulis nama perusahaan atau instansi sesuai tempat orang yang mengenakan tersebut bekerja. Tulisan tersebut memiliki fungsi untuk media promosi dan branding yang cukup efektif, karena ketika para karyawan sedang berada diluar perusahaan maka masyarakat secara luas akan membaca tulisan yang tertera dibaju seragam tersebut. Sehingga secara tidak langsung seragam dapat dikatakan sebagai iklan berjalan.  Namun perlu diingat bahwa tulisan yang dicantumkan hanya yang berkaitan dengan nama perusahaan atau brand yang ditawarkan kepada masyarakat secara luas, pencantuman tulisan jabatan sangat tidak dianjurkan karena hal tersebut dapat menimbulkan kesenjangan atau karyawan yang menggunakan akan merasa malu ketika memakainya diluar perusahaan.

Selain itu teknik marketing lain yang dapat digunakan yaitu dengan membuat baju yang diberikan sebagai hadiah kepada para konsumen sekaligus sarana promosi yang jitu. Hal tersebut dikarenakan apabila para konsumen yang telah menerima hadiah baju tersebut mengenakannya maka secara tidak langsung masyarakat luas ikut membaca tulisan brand atau produk yang ikut dicantumkan dalam baju tersebut. Sehingga hadiah yang telah diberikan oleh perusahaan/  toko kepada para konsumennya akan memberikan kesenangan serta  sarana promosi yang tersirat.

Pemilihan design seragam harus diperhatikan dengan baik dan serius. Meskipun memiliki tujuan untuk media promosi berjalan tidak berarti harus menggunakan warna-warna yang mencolok mata. Namun bukan berarti tidak dibolehkan menggunakan warna cerah yang mencolok, tetapi warna yang serasi dan sehingga enak dilihat oleh mata. Karena apabila design terlihat tidak menarik maka masyarakkat luas pun enggan untuk melihat lebih jauh atau memperhatikan dengan seksama, begitu pula sebaliknya apabila design yang digunakan menarik maka orang yang melihat akan merasa penasaran dan bisa jadi menjadi lebih tertarik terhadag produk, brand, atau perusahaan sesuai yang dicantumkan dalam baju tersebut.

Published by